IKLAN KPU

Ahmad Sutopo Jabat Ketua MKKS Periode 2019 – 2021


Trotoarnews.co.id – Kamis (31/01/2019) pagi, para Kepala Sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) di 8 Kecamatan menghadiri rapat pergantian jabatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SD wilayah Curup yang mengcover 8 Kecamatan yakni Kecamatan Curup, Kecamatan Curup Tengah, Kecamatan Curup Selatan, Kecamatan Curup Timur, Kecamatan Curup Utara, Kecamatan Bermani Ulu, Kecamatan Bermani Ulu Raya, dan Kecamatan Selupu Rejang.

Rapat MKKS SD ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong Redho Yusawi, Kabid Pembinaan SD Disdikbud Rejang Lebong Nasyirwan, dan segenap Kepala Sekolah SD di 8 Kecamatan, serta para Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) dimasing-masing Kecamatan.

Menurut Redho selaku Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong mengatakan bahwa MKKS ini merupakan wadah yang dapat dimanfaatkan oleh para Ketua K3S untuk membahas permasalahan dan pekerjaan-pekerjaan Kepala Sekolah yang perlu dibahas. Sehingga, dalam pelaksanaannya dapat seiring sejalan dan tidak ada perbedaan versi dalam pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan di sekolah masing-masing nantinya.

“Ini merupakan wadah bagi K3S per-Kecamatan dibawah UPT Curup Disdikbud yang kepengurusan mereka (MKKS) sudah habis. Hari ini (31/01/2019) dibubarkan dan langsung dipilih pengurus baru. Saya harap wadah itu dapat dimanfaatkan, misalnya ada pekerjaan-pekerjaan Kepala Sekolah yang perlu dirapatkan dapat dibahas terlebih dahulu didalam wadah itu. Jadi tidak ada Kepala Sekolah yang menggunakan versi sendiri-sendiri, dan mereka melangkah setelah dirapatkan dalam wadah itu,” kata Redho Yusawi selaku Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong yang belum lama ini dilantik sebagai Sekretaris Disdikbud Rejang Lebong.

Ia juga berharap, dari melihat data diri Kepala Sekolah yang ada, dinilai sudah sangat mumpungi dan berpengalaman untuk menduduki jabatan sebagai Ketua, Wakil, Sekretaris, dan Bendahara MKKS SD wilayah Curup. “Harapannya, aku yakin mereka ini orang-orang yang sudah berpengalaman dan kepala sekolahnya sudah lama-lama. Mereka pasti akan membentuk orang-orang yang terbaik dari mereka itu nanti, dan bisa memberdayakan wadah tersebut,” tandas Redho.

Dalam pemilihan pengurus baru MKKS SD wilayah Curup ini, akan mengisi jabatan selama periode 2019-2021. Pemilihan tersebut dilakukan dengan cara voting yang dituliskan secara langsung oleh para Kepala Sekolah tingkat SD di 8 Kecamatan yang turut hadir. Sehingga terpilihlah Ketua Ahmad Sutopo, Wakil Azhar Bukhori, Sekretaris Agus Karsana, dan Bendahara Zakaria.

Ahmad Sutopo yang mendapatkan amanah menduduki jabatan Ketua MKKS SD mengungkapkan bahwa, MKKS ini prinsipnya adalah sebagai penyambung informasi yang diberikan oleh para penentu kebijakan dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong. “Tentunya MKKS ini tidak ada program yang utama. Namun, kami juga akan mencoba program-program baru, dalam kaitannya ini untuk pengembangan dan peningkatan kompetensi guru. Kita juga akan coba memasuki kegiatan-kegiatan dan mungkin akan bekerjasama dengan KKG-nya, MGMP-nya,” jelas pria yang kerap disapa Mas Topo ini.

Ia juga menambahkan, kedepan kordinasi yang paling utama MKKS kepada K3S-nya terlebih dahulu. “Jadi nanti akan kordinasi dulu dengan K3Snya, karena kebetulan K3S ini pada umumnya, dan pada kenyataannya merupakan kawan-kawan kita yang sudah akrab dan saling memahami,” pungkasnya.

Selain pemilihan pengurus baru MKKS wilayah Curup, pada hari yang sama bertempat di Gedung Dewan Pendidikan juga digelar pisah sambut Kabid Pembinaan SD dan Kabid Pembinaan SMP yang baru. Namun sayangnya, hanya Kabid Pembinaan SD yang hadir yakni Deri Efendi dan Nasyirwan selaku Kabid Pembinaan SD yang baru. Sementara Hanapi tak sempat hadir dikarenakan sedang berada diluar kota.

Penulis: Benny Septiadi
Editor: Benny Septiadi


Powered by Blogger.