IKLAN KPU

Yayasan Kartika Jaya Koordinator XXI Yonif 144 Cabang II Sriwijaya Gelar Sosialisasi Parenting Literasi Keluarga


TrotoarNews.co.id – Rabu (28/11/2018) pagi, Yayasan Kartika Jaya Koordinator XXI Yonif 144 Cabang II Sriwijaya menggelar kegiatan “Sosialisasi Parenting Literasi Keluarga”. Kegiatan yang diselenggarakan Yayasan Kartika Jaya ini merupakan kerjasama dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka menumbuhkan minat baca terhadap anak sejak usia dini, yang melibatkan segenap anak-anak dari Taman Kanak-kanak (TK) Kartika II-21.

Kegiatan ini mengusung tema “Ayah Bunda Membacakan Buku”, dengan harapan para orang tua dapat lebih aktif dan berperan terhadap tumbuh kembang anak sejak dini, melalui rutinitas membaca buku minimal 10 menit setiap hari. Sehingga, anak-anak terbiasa untuk membaca.

Pada kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator XXI Yonif 144 Cabang II Sriwijaya Novi Andri Hadiyanto, Bunda PAUD sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong Fitri Hertikasari Hijazi, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Rejang Lebong, Ketua Ikatan Keluarga DPRD Rejang Lebong, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XX Dim 0409 Rejang Lebong, Ketua Dharma Wanita Rejang Lebong,  Ketua Dharmayuktikarini Pengadilan Agama Rejang Lebong serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong.

Dalam sambutannya Novi Andri Hadiyanto berpesan, agar kiranya para orang tua ayah bunda dapat mensosialisasikan dan membimbing anak-anak ke arah yang lebih baik, melalui kegiatan membaca buku minimal 10 menit setiap harinya, untuk menjadikan anak-anak ini menjadi generasi-generasi terbaik di masa yang akan datang.

“Acara ini diselenggarakan dalam rangka kita sebagai perwakilan pemenang di tingkat nasional untuk lomba GERNAS BAKU (Gerakan Nasional Baca Buku). Jadi, memang kita terapkan sesuai arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar para orang tua dapat membacakan buku 10 menit setiap harinya. Kegiatan ini juga merupakan kelanjutan dari kegiatan Literasi Keluarga yang sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu. Selain itu, untuk perwakilan pemenang TK di Provinsi Bengkulu kitalah juaranya, sehingga diamanahkan untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut,” papar Novi.

Ia juga berpesan, kiranya kepada pembina-pembina pada Taman Kanak-kanak lainnya juga dapat meningkatkan dan mensosialisasikan gerakkan membaca buku kepada para orang tua murid untuk anak-anak nya. Sehingga, TK-TK lainnya juga bisa menampilkan yang terbaik dan mendapatkan juara-juara pada kegiatan perlombaan berikutnya.

Bunda PAUD Kabupaten Rejang Lebong yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong menyampaikan, “Ini merupakan program lanjutkan kita yang bekerjasama dengan Kemendikbud sejak tahun 2017 lalu. Sehingga diharapkan peran serta para orang tua sangat penting. Ketika anak-anak berada dirumah, jangan biarkan anak-anak asik dengan gadget-nya. Sisihkan waktu 10 menit untuk membacakan buku cerita untuk anak, dengan begitu batin, kasih sayang, dan rasa nyaman didapatkan oleh anak dari rumah,” tandasnya.



Powered by Blogger.