IKLAN KPU

4 BUMDes Akan Dapat Suntikan Dana Dari Kemendes



Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Gunawan
Trotoarnews.co.id - Total 4 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) akan mendapatkan suntikan dana dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Bantuan yang akan diberikan adalah bantuan dalam Program Pengembangan Inovasi Desa (PPID).

Kepastian tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong, Gunawan. Gunawan menyatakan Kemendes PTT juga akan diberikan pada 4 BUMDes yang disebutkan telah memenuhi kreteria yang ditetapkan.

Tidak hanya itu, BUMDes juga akan mendapatkan suntikan dana yang sangat besar, yakni mencapai Rp 1,5 Miliar per BUMDes. Seperti diungkapkan Gunawan, 2 di antara BUMDes tersebut sudah pasti sebagai penerima bantuan. Sedangkan 2 lagi diajukan tahun 2019 ini, namun kemungkinan keempatnya akan mendapatkan bantuan.

“Ada 2 Bumdes yang 90% mendapatkan bantuan Program Bantuan Inovasi Desa yakni Desa Rimbo Recap, Desa Air Putih Kali Bandung. Sedangkan Desa Sumber Urip dan Desa Empat Suku Menanti masih dalam usulan,” jelas dia.

PPID tersebut ditujukan agar desa, terutama yang jauh dari pusat keramaian kota dapat lebih dikembangkan. Desa yang memiliki jumlah penduduk lebih sedikit, alami, serta banyak lahan kosong tentunya bisa dimanfaatkan dengan baik menggunakan PPID.

Ditambah lagi, program tersebut juga ditujukan untuk melibatkan pemuda di desa setempat agar lebih membangun desanya. Sinergi antara alam dan teknologi misalnya bisa dipertimbangkan untuk membangun desa.

Penulis: Andeka Saputra
Editor: Adhy Pratama Irianto

Powered by Blogger.