IKLAN KPU

Atasi Kebocoran , PDAM Kerjasama dengan ITB



Trotoarnews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Rejang Lebong merencanakan akan segera bekerja sama dengan salah satu sekolah tinggi berkualitas di Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Penyebabnya, sering terjadi kebocoran pipa PDAM yang mengakibatkan beberapa pelanggan PDAM terpaksa kekurangan aliran air. Bahkan, dikatakan oleh Direktur PDAM Tirta Dharma, Orin Retnowati, sebanyak 40 persen dari pipa PDAM mengalami kebocoran.

Kebocoran yang terjadi tersebut, lanjut Orin, terjadi karena beberapa faktor. Faktor non teknis adalah kebocoran yang dikarenakan adanya tindak dari tangan-tangan jahil yang tak bertanggung jawab. Mulai dari pencurian air dan sebagainya.

"Salah satu caranya dengan melakukan penyambungan jaringan yang menghubungkan antara pipa sebelum meteran dengan pipa sesudah meteran, jadinya tidak tercatat, ada sekitar 2 ribuan meteran pelanggan yang rusak," kata dia.


Oleh karena itu, untuk sejumlah pelanggan yang tidak jelas meterannya, PDAM hanya menaksir saja berapa biaya yang musti dibayar pelanggan tersebut. Hal itu juga menjadikan kerugian bagi pihak PDAM.

"Oleh karena itu pihak ITB akan mengirimkan tim untuk melakukan penelitian dan mencari solusi serta penyebab dari kebocoran tersebut," jelas dia.

Sementara itu, ada penyebab kedua yang mengakibatkan kebocoran, yakni karena faktor teknis. Mulai dari pipa tersebut yang mengalami kerusakan, telah berumur serta rusak karena bencana alam.

Penulis: Benny Septiadi
Editor: Adhy Pratama Irianto

Powered by Blogger.