IKLAN KPU

Waka Baznas: Santunan Dhuafa Satu Kali Bantu Kisaran Rp500 ribu Sampai Rp1 juta

Trotoarnews.co.id - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rejang Lebong telah melakukan rekapitulasi pemasukan dan pendistribusian dana amil zakat yang dilaksanakan pada tahun 2018.

Salah satu yang menjadi perhatian yakni pada penggunaan anggaran untuk "Santunan Dhuafa Bulanan" dan "Santunan Dhuafa Satu Kali Bantu" yang nilainya cukup mencolok karena menyedot anggaran sampai Rp1,25 miliar.

Dari besaran nilai tersebut, Rp869.600.000 disalurkan pada item  Santunan Dhuafa Bulanan, serta Rp387.350.000 pada item Santunan Dhuafa Satu Kali Bantu.

"Untuk Santunan Dhuafa Bulanan disalurkan kepada 3 orang masyarakat disetiap Desa/Kelurahan se-Kabupaten Rejang Lebong. Nilainya sebesar Rp200 ribu perbulan. Sedangkan Santunan Dhuafa Satu Kali Bantu tersebar se-Kabupaten Rejang Lebong dengan nilai bantuannya berkisar Rp500 ribu sampai Rp1 juta. Tergantung hasil survey yang kami lakukan terhadap si penerima," jelas Wakil Kepala Baznas Rejang Lebong Drs. H. Sovlenin Yusuf, Jum'at (22/03/2018).

Menurutnya, Santunan Dhuafa Satu Kali Bantu tak bisa diberikan kecil seperti Santunan Dhuafa Bulanan. Karena bantuan yang diberikan hanya satu kali. Sehingga bantuannya sedikit lebih besar dari Santunan Dhuafa Bulanan.

Sementara itu, pendistribusian dilakukan berdasarkan berkas yang masuk ke Baznas Rejang Lebong. Sehingga waktu penyaluran tidak tetap.

"Pendistribusiannya tidak menentu, karena berdasarkan berkas yang masuk ke Baznas. Karena kami bukan mencari orang, tapi lebih kepada orang yang datang," tandasnya.

Penulis: Benny Septiadi

Powered by Blogger.