Sosialisasi Hak dan Kewajiban Pekerja, Hijazi Bicara Tentang BPJS


TrotoarNews - Dalam kunjungannya ke PT. Agrotea Bukit Daun, Kecamatan Bermaniulu, Sabtu (14/3/2020) dalam rangka kegiatan Sosialisasi terhadap Hak dan Kewajiban Pekerja Perusahaan, Bupati Rejang Lebong, DR HA Hijazi memberikan arahan tentang pentingnya memiliki asuransi kesehatan bagi pekerja.

Hal itu, jelas Hijazi, terkait dengan kesejahteraan dan kesehatan pekerja di perusahaan tersebut. Menurut dia, hal itu masih termasuk tanggung jawab seorang bupati, maka dari itu ia meminta agar perusahaan benar-benar memperhatikan hal tersebut.

Hijazi juga meminta perusahaan tidak dengan mudah memberhentikan seorang pekerja, apalagi dengan alasan yang tidak jelas atau sepele. Ia juga mengimbau agar perusahaan menyediakan masker bagi para pekerja agar terhindar dari penyakit.

"Khususnya saat ini, wabah virus Covid-19 dan tentunya DBD yang mesti kita waspadai," terang Hijazi.


Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan kerjasama antara Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Rejang Lebong dengan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Dinkes Rejang Lebong dan PMI Rejang Lebong. Tema acara tersebut adalah, "Dengan dilaksanakannya sosialisasi dibidang ketenagakerjaan mari kita tingkatkan kesadaran pengusaha dan tenaga kerja dalam pentingnya mendukung dan mensukseskan program pemerintah melalui program BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan untuk kesejahteraan, kesehatan, dan keselamatan kerja".

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Rejang Lebong, Syafawi menyebutkan bahwa kedatangan bupati lebih ditujukan untuk membangun hubungan emosional, bukan hanya struktural saja dengan perusahaan dan pekerjanya. Begitu juga dengan kerja sama antar OPD untuk menggelar acara ini.

"Hari ini kita berikan pelayanan terintegrasi, mulai dari pemeriksaan kesehatan, donor darah, dan integrasi bersama berbagai OPD yang menggelar kegiatan ini," tutup Syafawi.

Pantauan TrotoarNews, selain Bupati Rejang Lebong dan Kadisnakertrans setempat, ada beberapa tokoh dan pejabat lain yang hadir dalam kegiatan tersebut.  Antara lain pimpinan PT. Agrotea Bukit Daun, Camat Bermaniulu, Danramil, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan kabupaten tersebut.


Penulis: Andeka Saputra
Powered by Blogger.