3D view of Eiffel Tower

Puluhan Warga Desa Rimbo Recap Sambangi Dinas PMD, Tuntut Hak Suara dan Dugaan Pelanggaran


 TrotoarNews- Senin (26/06) Siang, Sekitar 20 orang warga Desa Rimbo Recap, Kecamatan Curup Selatan menyambangi Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa ) Kabupaten Rejang Lebong.


Kedatangan warga Desa Rimbo Recap Guna menuntut hak mereka dalam pemilihan desa setempat beberapa waktu yang lalu. Kedatangan mereka disambut oleh Dua orang perwakilan dinas tersebut dan perwakilan Polres Rejang Lebong guna menggelar hearing.


Dodi Dores yang merupakan warga Desa Rimbo Recap mengatakan jika pihaknya meminta keadilan atas apa yang menjadi haknya. Selain itu, pihaknya juga menuntut pihak terkait untuk mengusut adanya dugaan pelanggaran pada Pilkades Rimbo Recap beberapa waktu yang lalu.


"Kami datang kesini untuk mempertanyakan mengapa kami tidak bisa memilih. Sementara orang yang baru tinggal di desa dapat memilih. Selain itu. Kami juga meminta pihak PMD untuk mengusut adanya dugaan pelanggaran pada Pilkades Rimbo Recap", ungkapnya.


Ditempat yang sama satu orang panitia Pilkades Rimbo Recap, Fitrianingsih mengatakan jika ia bersama rekannya telah berupaya memperjuangkan hak mereka. Yang lebih parah lagi Fitri menyebutkan jika ada warga yang beridentitas di luar Desa Rimbo Recap dapat mencoblos.


"Waktu itu kami sudah mengajukan kepada ketua panitia Pilkades tentang adanya kuota tambahan tapi tidak diakomodir. Ada juga pemilih yang beridentitas di Desa lain tapi bisa memilih", jelasnya.


Sementara itu, Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Dinas PMD Kabupaten Rejang Lebong, Wisky Eldo Wistory menyampaikan jika pihaknya akan mempersilahkan warga untuk melakukan gugatan sesuai dengan tahapan.


"Kita lihat dulu pak ada atau tidaknya pelanggaran. Namun semua ada tahapan jika tidak selesai di desa maka diselesaikan di tingkat kecamatan. jika tidak selesai ditingkat kecamatan baru ke kabupaten", sampainya.



Editor : Andeka Saputra



Powered by Blogger.