3D view of Eiffel Tower

Puskesmas Tunas Harapan Gelar Senam Sehat bagi Para Lansia Secara Rutin


 TrotoarNews- Demi menjaga kesehatan bagi Warga Lansia (Lanjut Usia), Puskesmas Tunas Harapan menggelar kegiatan Senam yang dilakukan setiap hari Jumat.


Kegiatan tersebut disebut dengan sebutan Jumisuke (Jumat Minum Susu Kedelai), lantaran susu kedelai bisa menurunkan Hipertensi atau yang dikenal darah tinggi. Tak hanya itu, usai senam dokter puskesmas pun memberikan edukasi tentang kesehatan terhadap mereka. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Puskesmas Tunas Harapan, Sulistiawati, D.Tr. Keb, di ruang kerjanya. Jumat (15/12).


" Setiap Jumat kami melaksanakan senam bagi para Lansia yang kami sebut dengan nama Jumisuke (Jumat Minum Susu Kedelai). Kenapa susu kedelai, karena susu kedelai dapat menurunkan Hipertensi atau darah tinggi yang sering menyerang para Lansia. Kami juga memberikan edukasi kepada para Lansia tentang tatacara hidup sehat", sampainya.


Sulis melanjutkan jika pihaknya juga mengecek riwayat kesehatan para Lansia terlebih dahulu sebelum melaksanakan senam.



"Sebelum dan sesudah senam para Lansia dicek dulu, apakah tensi darah mereka naik atau tidak. Kalau darah mereka tinggi, gerakan senamnya kita batasi", ujarnya.


Sulis menegaskan selain untuk menekan hipertensi, senam tersebut juga dapat mencegah penyakit diabetes, struk dan jantung.


"Selain mencegah hipertensi, senam ini juga dapat mencegah penyakit diabetes, penyakit struk dan penyakit jantung. Terkhusus jantung kami juga melaksanakan kegiatan senam jantung", pungkasnya.


Sulis juga menuturkan jika senam tersebut termasuk dalam Tujuh kegiatan Germas untuk aktifitas fisik agar selalu sehat.


"Perlu diketahui masyarakat, senam ini termasuk dalam Tujuh kegiatan Germas agar fisik memiliki aktifitas sehingga tubuh kita selalu sehat", tuturnya. ( Adv )



Editor : Andeka Saputra
Powered by Blogger.