IKLAN KPU

Ini Klarifikasi Baznas RL, Terkait Penyaluran Santunan Dhuafa

Trotoarnews.co.id - Terkait pemberitaan sebelumnya, Baznas Rejang Lebong memberikan klarifikasi masalah penyaluran Santunan Dhuafa Satu Kali Bantu tersebut. 

Dr. H. Sovlenin Yusuf menyampaikan, bahwa pihaknya ingin mengklarifikasi masalah pemberitaan yang telah beredar. 

"Saya kira yang ditanyakan kemarin itu untuk tahun 2019. Ternyata untuk penyaluran anggaran yang di tahun 2018. Jadi ada kesalahan pahaman informasi yang kami sampaikan," terang Sovlenin, Senin (25/03/2019).

Drs. H. M. Rasyid Djamak selaku Ketua Baznas Rejang Lebong mengungkapkan, bahwa dirinya tidak mengetahui secara rinci prihal pendistribusian zakat. 

"Kalau saya tidak mengetahui secara rinci mengenai penyaluran bantuan. Yang lebih paham masalah ini adalah pak Faisal Nazarudin yang menyalurkan bantuan," Ungkap Rasyid Djamak, Senin (25/03/2019).

Disaat yang sama, Trotoarnews.co.id sempat bertemu dengan Faisal Nazarudin selaku pendistribusi atau penyalur bantuan Baznas. 

Terkait bantuan yang diberitakan sebelumnya bahwa Santunan Dhuafa Satu Kali Bantu memang nilainya mencapai Rp.500 ribu, namun sifatnya fleksibel tergantung anggaran yang ada. 

"Santunan Dhuafa Satu Kali Bantu memang mencapai Rp500 ribu, itupun tergantung anggaran yang tersedia, dan itupun bisa sampai tiga kali bantu, menyesuaikan apakah si penerima masih layak menerima atau tidak. Sedangkan yang ada diberita sebelumnya Santunan Dhuafa Ramadhan masuk dalam kategori santunan umum di item anggaran Santunan Dhuafa Satu Kali Bantu. Nilainya ada yang Rp100 ribu sampai Rp150 ribu," papar Faisal. 

Menurutnya, yang menerima Santunan Dhuafa Satu Kali Bantu merupakan calon-calon yang batal menerima Santunan Dhuafa Bulanan yang telah penuh kuota penerima. 

Sedangkan untuk santunan umum atau Santunan Dhuafa Ramadhan memang dikhususkan untuk petugas penyapu jalan, yang dibagikan saat bulan ramadhan, dan nilainya tidak sama dengan Santunan Dhuafa Satu Kali Bantu. 

Berdasarkan Rekapitulasi Pendistribusian ZIS Baznas Rejang Lebong diperoleh angka sebesar Rp387.350.000 untuk 1718 orang penerima Santunan Dhuafa Satu Kali Bantu. 

Jika dihitung secara kasar dengan nilai bantuan sebesar Rp500 ribu untuk 1718 orang penerima, maka nilai ZIS yang didistribusikan mencapai Rp859.000.000.

Namun, bila nilai bantuannya sebesar Rp150 ribu untuk 1718 orang penerima, nilai ZIS yang didistribusikan pihak Baznas Rejang Lebong sebesar Rp257.700.000.

Penulis: Benny Septiadi

Powered by Blogger.