IKLAN KPU

Festival Pekan Budaya dan Pawai Meriahkan HUT Curup ke 139

Pawai Adat HUT Curup (foto: Andeka Saputra)


trotoarnews.com- Usai upacara, Pada perayaan HUT Kota Curup yang ke 139, Minggu (16-06-2019) pagi, Pemkab Rejanglebong menggelar Festival Pekan Budaya daerah, sebagai tanda pembukaan acara. Adapun kegiatan yang di gelar yakni pawai adat dan pembangunan, prosesi adat Kedurai Agung, pelepasan burung merpati, dan pembagian nasi tumpeng.

Pemukulan Gong Penanda Festival Pekan Budaya dimulai (foto: Andeka Saputra)
Pawai digelar dari Kelurahan Air Rambai hingga Lapangan Dwi Tunggal Curup, yang diikuti oleh ribuan peserta yang berasal dari 15 kecamatan dan dan sejumlah OPD, sejumlah sekolah dan sejumlah perwakilan dari kabupaten tetangga. Pawai berlangsung secara meriah, lantaran masing-masing peserta saling memperlihatkan kreasi mereka.

Usai menggelar pawai, Pemkab Rejanglebong, yang dipimpin oleh Ario Rajo Pasak Bumei, Dr (HC) H. Akhmad Hijazi, bersama rombongan, memukul gong tanda dibukanya berbagai kegiatan yang di gelar pada HUT Kota Curup.

Prosesi Kedurai Agung (Foto: Andeka Saputra)

sebagai prosesi adat, kemudian para pemuka adat bersama Pemkab dan jajaran berkumpul untuk menggelar ritual Kedurai Agung, guna untuk meminta maaf pada para leluhur dan memohon agar dijauhi dari malapetaka dan diberikan keselamatan.

Prosesi dilanjutkan dengan pelepasan burung merpati yang di lakukan oleh Ario Rajo Pasak Bumei, Ahmad Hijazi, wakil, Iqbal Bastari, serta Sekretaris Daerah (Sekda) R.A, Denni, bersama istri dan didampingi oleh sejumlah pemuka adat.

Prosesi Pelepasan burung Merpati (foto: Andeka Saputra)

Terakhir prosesi adat yang tak kalah penting dan ramai, yakni pembagian nasi tumpeng kepada masyarakat, oleh Ario Rajo Pasak Bumei. Kejutan terjadi, ketika Ario Rajo Pasak Bumei memberikan suapan nasi tumpeng kepada masyarakat. Begitupun dengan desakan masyarakat untuk mencicipi nasi tumpeng  membuat meriah prosesi adat ini.

Bupati Rejanglebong, Ahmad Hijazi memberikan sesuap nasi tumpeng pada warga

Ario Rajo Pasak Bumei sekaligus Bupati Rejanglebong, Ahmad Hijazi mengatakan selain memeriahkan acara, kegiatan festival pekan budaya ini juga sebagai bentuk ajang promosi Pemerintah Daerah untuk mempromosikan budaya daerah Rejanglebong di mata dunia.



Penulis: Andeka Saputra
Editor: Adhyra Irianto
Powered by Blogger.