IKLAN KPU

Pemkab Rejang Lebong Kembali Buka Lowongan Ke Jepang

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi RL, Syafewi

TrotoarNews- Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Rejang Lebong khususnya bagi para pencari kerja. Pasalnya, Pemerintah Daerah kabupaten setempat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi membuka kesempatan bagi para pencari kerja untuk magang ke Jepang.

Kepala dinas terkait, Syafawi mengatakan, jika saat ini pihaknya tengah membuka pendaftaran hingga pada bulan Juni mendatang. Saat ini, pihaknya telah melayangkan surat pemberitahuan ke sejumlah kecamatan dan sekolah-sekolah dengan harapan setiap desa dan sekolah dapat mengirimkan minimal satu orang untuk mengikuti proses seleksi dengan syarat berusia minimal 18 tahun, berijazah minimal SMA sederajat dan tidak memiliki penyakit yang serius serta tidak memiliki tato.

"Pendaftaran di buka mulai dari bulan januari sampai bulan juni dan saya harap masing-masing desa dapat mengirimkan satu orang perwakilan untuk ikut seleksi termasuk sekolah-sekolah. Untuk syarat minimal 18 tahun, ijazah SMA, tidak memiliki penyakit dan tato," pungkas Syafawi.

Program ini merupakan program JITUJI yaitu program kerja sama antar pemerintah oleh karena itu para calon peserta nantinya harus melalui tahapan seleksi yang ketat, mulai dari administrasi, fisik dan wawancara.

Para calon peserta nantinya akan di berikan pelatihan terlebih dahulu terutama pada bidang bahasa agar nantinya dapat berkoordinasi dengan baik di saat magang ke jepang. Para peserta nantinya akan bekerja sebagai perawat dan di sejumlah perusahaan.

Saat ini pihak dinas tersebut masih belum mengetahui jumlah kuota yang dibutuhkan lantaran masih menunggu petunjuk dari pihak Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bengkulu namun  jika keberangkatan para peserta nantinya, diperkirakan pada bulan Juli atau bulan Agustus mendatang.

"Pogram ini merupakan program JITUJI yaitu program antar pemerintah yang melewati proses tahapan seleksi yang ketat mulai dari administrasi, fisik dan wawancara. Sebelum berangkat para peserta nanti akan dikursuskan dulu terutama kursus bahasa agar bisa berkomunikasi dengan lancar. Untuk peserta yang magang nanti akan bekerja sebagai perawat dan di perusahaan. Jumlah kuota yang di butuhkan kita belum tahu kerena nunggu dari provinsi namun berangkat nanti di perkirakan bulan Juli atau Agustus," ujar Syafawi.

"Bagi yang ingin mendaftar, masyarakat dipinta untuk dapat datang langsung ke kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Rejang Lebong," tandasnya.


Penulis: Andeka Saputra
Powered by Blogger.