IKLAN KPU

DIKBUD Rejang Lebong Ajak PAUD Swasta Beralih Status Ke Negeri



TrotoarNews- Demi meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini (PAUD), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong mengajak seluruh pengurus PAUD di Kabupaten Rejang Lebong Swasta beralih status menjadi Negeri.


Menurut Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Rejang Lebong, Khirdes Lapendo Pasju, keuntungan PAUD berstatus Negeri yakni agar mutu pendidikan PAUD dapat di jamin oleh pemerintah baik Pusat maupun Daerah, mulai dari fasilitas maupun tenaga pengajar. "Pemerintah Daerah menilai jika selama ini banyak PAUD di Kabupaten Rejang Lebong yang kondisinya memprihatinkan lantaran terkendala dengan dana. Tak hanya itu, honor tenaga pengajar PAUD pun juga memprihatinkan. Karena berstatus Swasta, Pemerintah tidak dapat berbuat banyak" papar Khirdes.


"Selama ini PAUD Swasta hanya mendapatkan bantuan operasinal saja yang besarannya hanya 600 ribu rupiah peranak. Jika jumlah anak di PAUD tersebut seidikit tentunya PAUD hanya memiliki bantuan yang sedikit pula, bagaimana ingin menjaga mutunya," tambah Khirdes.



Sementara itu, Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Meli Resmani mengatakan, banyak sekali kekurangan PAUD di kabupaten Rejang Lebong, mulai dari Bangunan, fasilitas permainan anak dan tenaga pengajar. Jika PAUD tersebut berstatus Negeri, Meli Yakin semuanya akan dapat teratasi karena banyak bantuan dari pemerintah pusat terhadap PAUD," terang Meli.


Dengan bestatus Negeri tidak hanya Pemerintah pusat yang dapat memberikan bantuan, namun Pemerintah Daerah juga dapat memberikan bantuan terhadap PAUD tersebut, begitupun dengan kepala sekolahnya juga berasal dari kalangan ASN," tuturnya.


"Saat ini tercatat sebanyak 50 orang pengajar PAUD yang berstatus ASN di Kabupaten Rejang Lebong yang siap mengajar meski begitu para pendiri PAUD tidak usah khawatir, karena pemerintah daerah akan menjamin mereka untuk tetap mengajar di PAUD tersebut," sambung Meli.


"Saya yakin ini akan terwujud, karena pemerintah daerah bersama bunda PAUD dan  jajaran dinas Pendidikan Terus mendukung perkembangan PAUD di Kabupaten Rejang Lebong," tukas Meli. 


Penulis : Andeka Saputra

Powered by Blogger.