Panen Bawang Merah, Syamsul Upayakan Bantuan Bibit

 


TrotoarNews- Senin (08-03-2021) Pagi, Bupati Rejang Lebong, Syamsul Efendi bersama masyarakat menggelar panen raya bawang merah batu ijo di Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi. Turut hadir dalam kegiatan, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Zulkarnain, Sejumlah kepala OPD, Camat Setempat Firdaus, Camat Sindang Dataran Rukiyawati, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat dan tokoh agama Desa Setempat.


Syamsul menilai, jika Kecamatan Sindang Kelingi sangat berpotensi untuk menanam bawang merah karena memiliki cuaca panas dengan curah hujan yang rendah. Untuk itu, perlu perhatian khusus dari pemerintah daerah untuk menyalurkan bibit kepada masyarakat yang dirasakan sulit untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, Syamsul berharap adanya bantuan bibit bawang merah dari pemerintah pusat. 


"Sindang Kelingi sangat berpotensi untuk menanam nawang merah, karena memiliki suhu yang sedikit panas dan curah hujan yang rendah. Hanya saja, masyarakat sedikit sulit untukendapatlan bibit. Oleh karena itu perlu perhatian dari pemerintah daerah untuk menyalurkan bibit kepada masyarakat. Saya berharap adanya bantuan dari Pemerintah Pusat", ujar Syamsul.



Syamsul melanjutkan dengan adanya penanaman bawang merah oleh masyarakat, dapat menjaga stabilitas harga di pasaran. untuk itu, perlu nya perbedaan tanaman di 15 kecamatan.


"Dengan menanam bawang merah, tidak seluruh warga menanam sayur-sayuran yang dapat menjaga stabilitas harga. Oleh karena itu, perlu adanya perbedaan tanaman di 15 kecamatan", pungkas Syamsul. Sebagai Program Syamsul-Hendra, saya mendukung penuh sektor pertanian. Oleh karena itu, perlu kajian matang bagi kami", pungkas Syamsul.


Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong, Suherman mengatakan jika lahan bawang merah seluas 10 Hektar, dengan sebanyak 1500 Ton bibit, dengan hasil panen Satu banding Sepuluh. Berarti hasil panen sebanyak 15 Ton. Kedepan pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat jika Kabupaten Rejang Lebong berpotensi besar untuk penanaman bawang merah. Oleh karena itu, Suherman berharap adanya tambahan alokasi bantuan ke Kabupaten Rejang Lebong.


"Lahan bawang merah seluas 10 Hektar dengan bibit 1500 Ton. Hasil panen bawang merah adalah Satu Banding Sepuluh. Jadi hasil panen bawang merah ini sebanyak 15 Ton. Kedepan Kami akan berkomunikasi kepada Kementerian Pertanian, dalam hal ini Dirjen Holtikultura jika Kabupaten Rejang Lebong berpotensi menanam bawang merah, agar kedepan mendapat tambahan alokasi", tandas Suherman. (Adv).


Penulis : Andeka Saputra



Powered by Blogger.