Tahun 2021 Tahap I, Pemkab RL Bakal Berangkatkan 60 Jamaah Umroh Gratis

 


TrotoarNews- Demi mewujudkan salah satu program unggulannya, pada tahun 2021, Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong akan memberangkatkan sebanyak 60 orang Jamaah Umroh melalui Program Umroh Gratis. Namun, hal itu akan terwujud jika Tahun ini Pemerintah Arab Saudi kembali memperbolehkan masyarakat untuk beribadah ke tanah suci. Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, melalui Bagian Kesra (Kesejahteraan Rakyat) Sekretariat Daerah, telah melaksanakan seleksi bagi calon jamaah, yang di ambil dari tokoh dan perangkat agama yang aktif, melalui usulan pihak kecamatan dan desa.


"Untuk keberangkatan Jamaah Umroh Gratis, kita masih menuggu petunjuk dari Pemerintah Arab Saudi melalui Kementerian Agama. Apakah di perbolehkan atau tidak. Karena keterbatasan anggaran, Tahun ini pemerintah daerah akan memberangkatkan 60 Jamaah dan kemungkinan akan di usulkan kembali pada perubahan anggaran. Untuk seleksi sudah kita laksanakan, yang terdiri dari Imam, Khotib, Bilal, Rubiah, lebih kurang seratus orang, melalui usulan kecamatan dan desa", ujar Kabag Kesra, Herwin Wijaya Kusuma.


Tahun ini syarat pemberangkatan lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya, mengingat masih pandemi Corona. Seperti berusia minimal 18 Tahun dan maksimal 50 Tahun. Jika tidak ada halangan, pemberangkatan Jamaah Umroh di perkirakan sekitar Bulan April dan akan dihibahkan kepada MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Rejang Lebong. Oleh karena itu, saat ini pihak Kesra tengah melakukan persiapan keberangkatan. 


"Tahun ini syaratnya lebih ketat, karena masih Corona. Untuk usia minimal 18 Tahun, maksimal 50 Tahun. Diperkirakan, keberangkatan jamaah pada Bulan April dan akan dihibahkan kepada MUI. Kini kita masih melakukan persiapan untuk keberangkatan jamaah", pungkas Herwin.


mengingat masih Corona, kemungkinan para jamaah nantinya akan di berlakukan sistem karantina demi menjaga kesehatan mereka. Hal itu tentunya akan menambah anggaran untuk mereka.


"Karena masih Corona, mungkin jamaah nanti akan di karantina dulu, demi kesehatan mereka. Sudah pasti akan menambah anggaran untuk para jamaah", tandas Herwin.


Penulis : Andeka Saputra

Powered by Blogger.