Hartini : Keselamatan Ibu dan Bayi Merupakan Tanggung Jawab Bersama


 TrotoarNews- Kamis (04-11-2021), Bupati Rejang Lebong, Syamsul Efendi membuka kegiatan Sosialisasi Gerakan Sayang Ibu (GSI) di kantor Narudatul ulama. Hadir dalam kegiatan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong, Hartini, Kepala Dinas P3APPKB, Rosita, Kepala Dinas Kominfo, Fery Najamudin, serta puluhan para peserta.


Dalam kesempatan ini Syamsul mendukung penuh kegiatan Gerakan Sayang Ibu ini demi keselamatan para ibu. Oleh karena itu, perlu didukung oleh semua pihak.


"Gerakan Sayang Ibu merupakan gerakan nasional sejak tahun 1996, maka harus didukung oleh semua lingas sektor baik melalui wadah LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), swasta dan organisasi perempuan. Tentunya kita atas nama pemerintah daerah, mendukung penuh kaum perempuan khusus nya para ibu-ibu, karena merupakan perpustakaan paling lengkap, kelas paling nyaman, lapangan paling lapang, dan tidak bisa digantikan oleh gedung-gedung tak bernyawa", ujar Syamsul.



Sementara itu, Hartini mengatakan jika keselamatan ibu dam bayi merupakan tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, perlu dilakukannya sosialisasi kepada masyarakat oleh dinas terkait. 


"keselamatan ibu dan bayi merupakan tanggung jawab kita bersama. Karena itu, dinas terkait harus maksimal untuk  memberikan sosialisasi kepada masyarakat, seperti menjaga jarak minimal 2 tahun dari anak pertama dan menerapkan program KB demi keselamatan ibu dan bayi". tandas Hartini.


Hartini melanjutkan jika tingginya angka kematian ibu, lantaran kurang nya pengetahuan mereka tentang penting nya perawatan kesehatan dan sosial ekonomi yang rendah.


"Tinggi nya angka kematian ibu, karena kurangnya pengetahuan tentang pentingnya perawatan kesehatan, terlebih lagi rendah nya sosial ekonomi menjadi faktor lalainya untuk melakukan perawatan kesehatan", pungkas Hartini.



Penulis : Andeka Saputra

Powered by Blogger.