Warga Desa Air Dingin Keluhkan Sulitnya Dapatkan Pupuk Bersubsidi pada Heri Purwanto


 TrotoarNews- Kamis (17-03-2022), anggota Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Heri Purwanto menggelar Reses di Desa Air Dingin, Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong. Heri Purwanto didampingi oleh Panca Kurniawan, yang menjabat sebagai anggota Komisi II DPRD Kabupaten Rejang Lebong.


Pada Reses yang pertama kalinya di desa tersebut, Heri mendapat keluhan dari warga tentang sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi yang sangat menjadi kebutuhan warga setempat yang mayoritasnya sebagai petani.


Kepala Desa Air Dingin, Edi Suntana mengatakan, sulitnya mendapatkan pupuk di karenakan kurangnya jumlah kelompok tani yang terdaftar di Simultan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.


" Saat ini kita kesulitan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi di karenakan banyaknya kelompok tani di desa kami yang belum terdaftar di Simultan. Hal tersebut di karenakan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang tata cara pendaftarannya", ujar Edi Suntana.



Menanggapi hal tersebut Heri Purwanto meminta pihak terkait untuk menggelar sosialisasi kepada masyarakat tentang tata cara melakukan pendaftaran pada sistem Simultan dan syarat-syarat lainnya.


"Melihat kesulitan masyarakat untuk mendapatkan pupuk bersubsidi karena kurangnya pengetahuan mereka terhadap sistem Simultan. Jadi harus ada sosialisasi dari dinas terkait tentang tata cara untuk dapat mendaftar ke sistem tersebut", tandas Heri.


Selain itu, Heri mengatakan Pemerintah harus mengantisipasi terjadinya kelangkaan pupuk bersubsidi dengan cara melakukan pendataan.


"Pemerintah juga harus mengantisipasi terjadinya kelangkaan pupuk bersubsidi dengan cara melakukan pendataan yang akurat. Jadi pupuk subsidi yang dikeluarkan sesuai dengan jumlah masyarakat yang membutuhkan. Kan kasian kalau masyarakat membeli pupuk dengan harga mahal, pas panen harganya murah", pungkas Heri.



Penulis : Andeka Saputra

Powered by Blogger.